Fish

Senin

BERITA PRESS 2011

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) hari ini mengumumkan kerja sama strategis secara eksklusif di bisnis bancassurance. Dengan menggabungkan kekuatan hubungan nasabah yang solid dari BII serta solusi asuransi yang sesuai kebutuhan dari Prudential Indonesia, 
diharapkan kerja sama ini akan dapat menyediakan rangkaian produk proteksi yang lengkap bagi para nasabah BII serta meningkatkan pertumbuhan bisnis bancassurance kedua belah pihak.
 

Prudential Indonesia dan BII melihat adanya ruang pertumbuhan yang menjanjikan di pasar
bancassurance di Indonesia. *Catatan data 31 Desember 2010 menunjukkan bahwa jalur distribusi
bancassurance di Indonesia yang memberikan kontribusi terhadap perolehan premi sebesar 28%
persen terhadap keseluruhan perolehan premi bisnis asuransi jiwa di Indonesia. Di Prudential
Indonesia, jalur bancassurance telah memberikan kontribusi sebesar kurang lebih 13 persen dari
keseluruhan perolehan premi di tahun 2010.
*source data dari website AAJI : www.aaji.or.id
Potensi penjualan produk asuransi, khususnya unit-linked (asuransi terkait investasi), melalui
perbankan juga masih cukup besar, terefleksikan dari jumlah dana masyarakat di perbankan yang
terus meningkat. Data Bank Indonesia per Desember 2010 (sumber: www.bi.go.id) menyebutkan,
jumlah dana pihak ketiga (DPK) di industri perbankan Indonesia sampai akhir 2010 mencapai Rp
2.338,82 triliun. Jumlah tersebut meningkat sekitar 19,89% dibandingkan DPK perbankan tahun 2009 sebesar Rp 1.950,71 triliun.
Kerja sama ini diharapkan akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi nasabah BII, di mana mereka dapat memperoleh akses dan kenyamanan layanan terhadap sejumlah portofolio produk unitlink (asuransi terkait investasi) dan ragam produk perlindungan lainnya dari Prudential melalui jaringan luas cabang BII yang berjumlah 329 kantor cabang di seluruh Indonesia.
 

Bagi Prudential, kerja sama dengan BII akan makin memperluas jangkauan kepada masyarakat
dalam mensosialisasikan pentingnya perlindungan asuransi serta meningkatkan jaringan
bancassurance-nya di Indonesia secara signifikan. Sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa dengan
jaringan distribusi utama keagenan, Prudential Indonesia memandang pengembangan landasan
jaringan distribusi multi-channel melalui kemitraan dengan bank sebagai strategi bisnis yang sangat
penting. Dalam kerja sama ini, Prudential Indonesia juga akan berbagi keahliannya di lingkup
manajemen penjualan asuransi jiwa, pelatihan karyawan dan dukungan bagi nasabah untuk
mengembangkan pelayanan terbaik di kelasnya bersama BII.
Bagi BII, kerja sama dengan Prudential ini sejalan dengan fokus perusahaan dalam meningkatkan
kualitas layanan dengan memenuhi beragam kebutuhan nasabah, khususnya kebutuhan akan
perlindungan asuransi sekaligus investasi. Dari sisi pertumbuhan bisnis, kerja sama ini diharapkan
akan dapat meningkatkan pertumbuhan fee-based income (pendapatan non bunga) perusahaan.
Manajemen BII berharap pendapatan non bunga dari jalur bancassurance akan terus meningkat.
Pada 31 Desember 2010, total fee based income yang diraih BII sebesar Rp 2,066 triliun, atau sekitar 30 persen dari total pendapatan.
William Kuan, President Director Prudential Indonesia mengatakan, “Mengembangkan jalur distribusi Bancassurance untuk dapat menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas merupakan salah satu prioritas bagi kami, dan kami dengan senang hati menjalin kerja sama dengan BII, salah satu bank terkemuka di Indonesia. Kerja sama ini menggabungkan kedua perusahaan dalam sebuah visi dan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan yang terbaik di kelasnya bagi nasabah. Kami mengharapkan untuk terus mengembangkan kerja sama yang kokoh dan sukses bersama BII ke depannya.”
Menyambut baik kemitraan ini, Presiden Direktur BII, Ridha Wirakusumah, mengatakan, 

“Kerja sama eksklusif dengan Prudential sebagai salah satu perusahaan asuransi terdepan dengan reputasi internasional akan memperkaya penyediaan solusi asuransi pilihan bagi nasabah BII di seluruh Indonesia,” kata Ridha. “Produk-produk Prudential telah dikenal sebagai produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan nasabah kami yang terus berkembang. Pemenuhan kebutuhan nasabah dengan layanan terbaik adalah prioritas utama kami,” tambah Ridha.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar